SILAHKAN KLIK GAMBAR

SILAHKAN KLIK GAMBAR
KAYU BAJAKAH SOLUSI CERDAS DIABET ANDA

Ternyata Cuaca Dapat Memengaruhi Kadar Gula Darah Dalam Tubuh


Tahukah Anda bahwa cuaca dapat membuat kadar gula darah Anda naik atau turun? Ya, cuaca dapat memengaruhi suhu dan metabolisme tubuh sehingga dapat memengaruhi kadar gula darah. Selain itu, cuaca juga dapat memengaruhi alat tes gula darah yang Anda gunakan. Kondisi cuaca ini harus diperhatikan bagi Anda yang menderita diabetes.

Cuaca yang ekstrem (terlalu panas atau terlalu dingin) dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi dan menggunakan hormon insulin. Saat cuaca sedang panas atau dingin, kadar gula darah Anda bisa lebih meningkat atau menurun.

Pengaruh cuaca panas pada kadar gula darah

Sebenarnya, alasan yang tepat untuk memahami bagaimana cuaca dapat menaikkan atau menurunkan kadar gula atau glukosa darah belum diketahui lebih lanjut. Pengaruh cuaca panas pada kadar glukosa darah mungkin berhubungan dengan pembuluh darah perifer yang makin melebar selama cuaca panas serta adanya peningkatan aliran glukosa dan insulin ke jaringan perifer.

Selain itu, peningkatan gula darah saat panas mungkin juga berhubungan dengan berkurangnya cairan tubuh saat cuaca panas. Mengutip pernyataan Dr. Lori Roust, seorang ahli endokrinologi di Mayo Clinic, bahwa saat Anda dehidrasi saat cuaca panas, Anda akan memiliki kadar gula dalam darah yang lebih tinggi karena jumlah darah yang mengalir melalui ginjal Anda akan berkurang.

Berdasarkan kutipan Dr. Roust tersebut, dapat disimpulkan bahwa cuaca panas dapat memengaruhi kadar glukosa darah Anda jika terjadi perubahan kondisi tubuh Anda, seperti saat Anda dehidrasi. Jika Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh di saat cuaca panas, mungkin Anda akan lebih bisa mengontrol kadar glukosa darah Anda. Hal yang sangat penting Anda lakukan saat ini adalah minum banyak air sepanjang hari.

Cuaca panas juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami hipoglikemia (kadar gula darah sangat rendah), terutama bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat penurun gula darah. Pada saat cuaca panas, tingkat metabolisme tubuh lebih tinggi, sehingga risiko terjadinya hipoglikemia meningkat. Gejala dari hipoglikemia adalah berkeringat dan kelelahan.

Pengaruh cuaca dingin pada kadar gula darah

Cuaca dingin juga dapat memengaruhi kadar glukosa darah Anda. Pada saat Anda kedinginan, kadar gula darah dapat meningkat. Hal ini bisa terjadi karena dingin menyebabkan stres (tekanan) pada tubuh, sehingga tubuh akan bereaksi dengan meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, saat Anda kedinginan, tangan Anda akan dingin dan dapat membuat tes gula darah lebih sulit dilakukan.

Jadi, jika Anda merasa kedinginan, sebaiknya buat tubuh Anda merasa lebih hangat sehingga kadar gula darah Anda bisa lebih terkontrol. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah gula darah yang tinggi dapat membuat Anda merasa lebih hangat di suhu dingin. Hal ini karena kandungan gula dalam darah dapat membuat darah lebih sulit membuat tubuh merasa dingin.

Sebaiknya, tetap jaga suhu tubuh Anda di cuaca yang sangat dingin atau sangat panas, sehingga kadar gula darah Anda bisa lebih terkontrol. Banyak minum diperlukan saat cuaca sedang panas, sehingga Anda tidak mengalami dehidrasi yang dapat membuat kadar gula darah memburuk. Tetap aktif bergerak di cuaca yang dingin juga diperlukan untuk membantu menghangatkan tubuh dan menjaga kadar gula darah. Juga, simpan alat tes gula darah di tempat yang baik, jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

--------------------------------------------------------------------
Konsultasikan Masalah Diabetes Anda di:

Whats App: +6282274212967 atau klik disini goo.gl/nR2XbQ

BBM : D32B723D atau klik disini http://blck.by/2xpjp70

Semoga Bermanfaat bagi kita semua :)

#diabetsolution

#pedulidiabet

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ternyata Cuaca Dapat Memengaruhi Kadar Gula Darah Dalam Tubuh"

Posting Komentar