SILAHKAN KLIK GAMBAR

SILAHKAN KLIK GAMBAR
KAYU BAJAKAH SOLUSI CERDAS DIABET ANDA

Apa itu diabetes melitus tipe 2 (kencing manis)?




Apa itu diabetes melitus tipe 2?
Diabetes melitus tipe 2 adalah jenis diabetes yang diakibatkan oleh tubuh yang tidak memproduksi cukup insulin. Insulin sangat penting karena mengontrol jumlah gula (glukosa) yang didapat sel-sel tubuh. Akibatnya, penderita diabetes memiliki kadar gula yang tinggi dalam darah.

Orang-orang yang menderita diabetes memiliki kadar gula darah tinggi, tetapi tidak cukup untuk sel tubuh. Kondisi ini menyebabkan komplikasi berat pada jantung, mata, ginjal, sistem saraf, gusi dan gigi.

Seberapa umumkah diabetes melitus tipe 2?
Diabetes tipe 2 atau kencing manis, adalah jenis yang paling umum dari diabetes. Sebanyak 95% kasus diabetes adalah diabetes tipe 2. Penyakit ini dapat menyerang pada semua orang di segala umur, termasuk anak-anak. Namun, diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada umur dewasa dan lanjut usia. Selain itu, orang-orang yang obesitas dan jarang bergerak memiliki risiko lebih tinggi menderita kencing manis.

Tanda-tanda & gejala
Apa saja ciri-ciri dan gejala diabetes melitus tipe 2?
Penderita diabetes tipe 2 sering tidak mengalami gejala apapun pada masa awal. Mereka bahkan dapat tidak menyadari gejalanya selama beberapa tahun. Beberapa gejala diabetes tipe 2 adalah:
  • Pandangan buram
  • Lelah
  • Rasa lapar meningkat
  • Rasa haus meningkat
  • Buang air kecil yang sering, khususnya malam hari
  • Luka yang lambat pulih atau sering infeksi
  • Rasa sakit atau mati rasa pada kaki dan tangan
Terdapat beberapa kemungkinan tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang suatu gejala, silakan hubungi dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?
Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala dari yang disebutkan di atas atau memiliki pertanyaan, silakan hubungi dokter Anda. Tubuh setiap orang bereaksi berbeda-beda. Berdiskusilah dengan dokter Anda untuk menentukan yang terbaik bagi keadaan Anda.

Penyebab
Apa penyebab diabetes melitus tipe 2?
Ketika Anda memiliki diabetes tipe 2, lemak Anda, hati, dan sel-sel otot tidak merespon insulin dengan benar. Hal ini disebut resistensi insulin. Hasilnya, gula darah tidak bisa mencapai sel untuk membantu mengolahnya menjadi energi. Saat gula tidak dapat memasuki sel-sel, kadar gula dalam darah meningkat tinggi. Hal ini disebut hiperglisemik.

Penyebab resistensi insulin adalah:
  • Kelebihan berat badan atau obesitas: Peningkatan lemak membuat tubuh kesulitan menggunakan insulin dengan benar.
  • Keturunan: seperti diabetes tipe 1, sejarah medis keluarga dan gen juga merupakan faktor-faktor yang menyebabkan diabetes tipe 2.
Faktor-faktor risiko

Siapa yang berisiko terkena diabetes melitus tipe 2?
Para ahli tidak sepenuhnya memahami mengapa sebagian orang berisiko terkena diabetes dan sebagian lagi tidak. Namun, ada beberapa hal yang jelas meningkatkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2, seperti:
  • Berat badan. Memiliki kelebihan berat badan merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2. Semakin tebal jaringan lemak, sel-sel semakin melawan insulin. Tetapi tidak hanya orang yang kelebihan berat badan saja yang memiliki risiko diabetes tipe 2.
  • Tempat penyimpanan lemak dalam tubuh. Jika tubuh Anda menumpuk lemak pada bagian perut, risiko Anda lebih besar mengalami diabetes tipe 2 dibanding jika tubuh Anda menyimpan lemak di bagian lain, seperti pinggul dan paha.
  • Tidak aktif. Semakin Anda pasif, semakin besar risiko Anda mengalami diabetes tipe 2. Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan, menggunakan glukosa sebagai energi, dan membuat sel-sel Anda semakin sensitif terhadap insulin.
  • Riwayat keluarga. Risiko mengalami diabetes tipe 2 semakin besar jika orangtua atau saudara Anda memiliki diabetes tipe 2.
  • Ras. Walaupun masih belum jelas mengapa, kebanyakan orang dari suatu ras – termasuk ras hitam, hispanik, Indian, dan Asia, lebih cenderung memiliki risiko terhadap diabetes tipe 2 dibanding ras kulit putih.
  • Umur. Risiko dari diabetes tipe 2 meningkat seiring Anda bertambah umur, khususnya setelah umur 45 tahun. Hal ini mungkin karena orang-orang di usia ini cenderung kurang bergerak, kehilangan massa otot, dan menambah berat badan seiring bertambahnya umur. Namun, diabetes tipe 2 juga meningkat secara dramatis pada anak-anak, remaja, dan masa awal dewasa.
  • Prediabetes. Prediabetes adalah kondisi di mana kadar gula darah Anda lebih tinggi dari kadar normal, tapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes. Jika tidak diatasi, prediabetes dapat meningkat menjadi diabetes tipe 2.
  • Diabetes gestasional. Jika Anda mengalami diabetes gestasional atau diabetes saat hamil, risiko Anda mengalami diabetes tipe 2 meningkat. Jika Anda melahirkan bayi yang beratnya lebih dari 4 kilogram, bayi Anda juga berisiko mengalami diabetes tipe 2.
  • Sindrom ovarium polikistik. Untuk wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS) – yang merupakan menstruasi tidak teratur, pertumbuhan rambut yang berlebihan, dan obesitas – risiko diabetes akan meningkat.
----------------------------------------------------------------------------
Konsultasikan Masalah Diabetet Anda di:

Whats App: +6282274212967 atau klik disini>>> goo.gl/nR2XbQ

BBM : D32B723D atau klik disini http://blck.by/2xpjp70

Semoga Bermanfaat bagi kita semua :)



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu diabetes melitus tipe 2 (kencing manis)?"

Posting Komentar