SILAHKAN KLIK GAMBAR

SILAHKAN KLIK GAMBAR
KAYU BAJAKAH SOLUSI CERDAS DIABET ANDA

Beberapa Manfaat dari Terapi Pijat untuk Penderita Diabetes






Meningkatkan Sirkulasi Darah
Sirkulasi darah yang tidak lancar adalah masalah umum pada pasien diabetes, yang sering menyebabkan sulitnya penyembuhan luka. Kelebihan gula darah yang beredar dalam aliran darah dapat merusak struktur dan fungsi pembuluh darah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan menurun . 

Cara mudah untuk meningkatkan sirkulasi darah adalah dengan dilakukan pijat. Tekanan pijat yang stabil diberikan pada jaringan lunak akan membantu merangsang aliran darah, yang akhirnya akan memfasilitasi sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh yang berbeda. Peningkatan sirkulasi darah ini juga memungkinkan sel-sel tubuh untuk menggunakan insulin secara lebih efektif , dan pada akhirnya membantu mengontrol gula darah.

Meningkatkan kinerja Otot
 Seperti telah disebutkan di atas, yaitu diabetes mengganggu aliran darah. Dan ketika hal itu mempengaruhi otot maka dapat menyebabkan kram dan kekakuan, sehingga cukup untuk membatasi kinerja otot. 

Terapi pijat yang menerapkan tekanan pada jaringan lunak (otot, tendon, ligamen) akan membantu meningkatkan fleksibilitasnya karena akan meningkatkan aliran darah ke daerah-daerah pada tubuh. Jadi, dengan pijat biasa pasien diabetes bisa mengalami peningkatan kinerja otot secara keseluruhan.

Meningkatkan mood dan Kesehatan Mental
Berurusan dengan penyakit kronis seperti diabetes bukanlah hal yang mudah, dan bisa menyebabkan sejumlah masalah psikologis seperti kecemasan dan depresi. Perubahan diet dan pembatasan gaya hidup dan menjaga kadar gula darah juga bisa menjadi sumber utama stres bagi pasien diabetes. 

Salah satu cara terbaik untuk meringankan beban emosional yang terkait dengan diabetes adalah menjalani terapi pijat. Pijat seluruh tubuh bisa menghasilkan keajaiban untuk menurunkan tingkat stres dan mempromosikan kesehatan. 

Pijat akan meredakan kecemasan, stres, dan menanamkan perasaan relaksasi. Semua ini bisa menyumbang untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan sosial, yang kemudian akan memungkinkan pasien untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Meredakan Neuropati
Pijatan yang lembut juga bisa membantu meningkatkan gejala neuropati. Neuropati adalah kejadian yang sering terlihat pada pasien diabetes, yang menyebabkan nyeri, kesemutan, atau sensasi panas di daerah perifer tubuh seperti tangan, kaki, jari kaki, dan jari-jari tangan.

 Pijatan sederhana dikaki dengan tangan atau menggunakan Medimassager dan Foot Massager untuk memijat di bawah lutut bisa meringankan nyeri neuropati dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. 

Perhatian :

Dalam sebuah studi informal yang dilakukan pada tahun 1999-2000 di Colorado, yang berada di bawah pengawasan Mary Kathleen Rose(seorang terapis pijat bersertifikat), siswa pijat memberikan jam pijat seluruh tubuh untuk pasien diabetes di kliniknya. Dalam lebih dari 40 sesi pijat, kadar gula darah pasien sebelum dan setelah pijat dicatat.

Hasil catatan diketahui bahwa kadar gula darah pasien menurun hingga sebesar 20 sampai 40 poin setelah dipijat. Dalam beberapa kasus, terjadi perubahan drastis 100 poin – penurunan atau peningkatan kadar gula darah yang diamati.

Namun, hanya pijat saja tidak bisa dikatakan bisa menyebabkan perubahan gula darah mendadak. Faktor-faktor seperti dosis insulin dan olahraga berat sebelum pijat mungkin juga berperan terhadap penurunan gula darah secara mendadak. Berhenti mengambil obat resep atau makan terlalu banyak makanan manis mungkin yang telah menyebabkan peningkatan tajam kadar gula darah.


Secara umum setelah dipijat, penurunan kadar gula darah sebesar 20 sampai 40 poin yang telah diamati adalah normal. Jadi, terapis harus memeriksa kadar gula darah pasien pasca pijat untuk memastikan jika tidak ada penurunan kadar gula darah yang signifikan. 

Perasaan gugup, rasa lapar yang berlebihan, detak jantung cepat, dan gemetar adalah beberapa gejala umum dari kadar gula darah yang rendah. Jadi, dalam kasus tersebut, terapis harus memberitahukan gejala-gejala tersebut setelah pasien dipijat. Kemudian pasien harus segera diberikan tablet glukosa, satu sendok makan madu atau camilan manis lainnya untuk meningkatkan gula darah dan mengurangi gejala hipoglikemia.

Secara keseluruhan, sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan terapi pijat untuk rencana pengobatan Anda, sebaiknya meminta persetujuan dari dokter atau layanan kesehatan. 

Manfaat terapi pijat untuk diabetes tidak didukung oleh sebagian besar penelitian ilmiah. Jadi sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang cara perawatan yang akan Anda lakukan. Juga, monitor kadar gula darah Anda pra dan pasca pijat, dan perubahan kadar gula yang drastis bisa tertangani lebih awal. 

--------------------------------------------------------------------
Konsultasikan Masalah Diabetes Anda di:

Whats App: +6282274212967 atau klik disini goo.gl/nR2XbQ

BBM : D32B723D atau klik disini http://blck.by/2xpjp70

Semoga Bermanfaat bagi kita semua :)

#diabetsolution

#pedulidiabet











Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Beberapa Manfaat dari Terapi Pijat untuk Penderita Diabetes "

Posting Komentar