SILAHKAN KLIK GAMBAR

SILAHKAN KLIK GAMBAR
KAYU BAJAKAH SOLUSI CERDAS DIABET ANDA

3 Hal yang Dapat Memengaruhi Hasil Tes Gula Darah






Bagi Anda pengidap diabetes, Anda mungkin harus mengontrol kadar gula darah Anda setiap hari. Mengukur kadar gula darah dengan menggunakan alat tes gula darah (glucose meter) mungkin sudah menjadi rutinitas Anda sehari-hari. Ya, Anda bisa mengukur kadar gula darah di rumah dengan cara yang sederhana. Namun, apakah pengukuran yang selama ini Anda lakukan sudah benar? Hati-hati, ada beberapa hal yang dapat memengaruhi hasil tes gula darah. Apa saja?

Faktor yang memengaruhi hasil tes darah

1. Kapan Anda mengukur
Perhatikan kapan Anda mengukur kadar gula darah Anda. Jika Anda mengukur kadar gula darah Anda mendekati waktu setelah Anda makan, maka sudah jelas bahwa hasil tes gula darah Anda akan lebih tinggi. Setelah makan, tentu kadar gula darah Anda akan naik, terutama jika Anda makan makanan yang mengandung gula tinggi, seperti nasi, roti, dan kue manis.

Selain itu, stres saat melakukan pengukuran juga dapat memengaruhi hasil tes gula darah. Hasilnya, gula darah Anda akan lebih tinggi. Kurang minum atau dehidrasi juga dapat membuat kadar gula darah Anda meningkat. Selain itu, aktivitas fisik atau olahraga juga dapat memengaruhi hasil tes gula darah Anda. Jika Anda mengukur gula darah setelah berolahraga, mungkin hasilnya akan lebih rendah dari biasanya.

2. Obat-obatan
Beberapa obat-obatan dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Obat-obatan seperti kortikosteroid, estrogen (yang ada di pil KB), obat diuretik tertentu, obat antidepresan tertentu, obat antikejang, dan aspirin dapat membuat kadar gula darah Anda meningkat. Sebaliknya, obat seperti insulin, steroid, agen hipoglikemik oral, dan acetaminophen dapat membuat kadar gula darah Anda turun.

3. Cara mengukur dan alat pengukur
Kesalahan dalam melakukan pengukuran sendiri dapat membuat hasil tes gula darah kurang akurat. Tes gula darah yang paling akurat adalah di laboratorium. Namun begitu, Anda mungkin perlu melakukan tes gula darah sendiri di rumah untuk membantu mengontrol kadar gula darah Anda.

Untuk menghindari terjadinya kesalahan pengukuran, ada baiknya Anda selalu membaca petunjuk penggunaan alat sebelum melakukan pengukuran. Petunjuk pengukuran alat mungkin berbeda-beda antar alat tes gula darah.

Yang harus diperhatikan saat Anda mengecek gula darah

Perhatikan hal-hal berikut saat Anda melakukan pengukuran:
  • Bersihkan tangan Anda dengan alcohol swab sebelum melakukan pengukuran. Sabun, lotion, makanan, dan hal lain yang menempel di tangan Anda dapat mengganggu bahan kimia pada test strip, membuat hasil tes kurang akurat.
  • Pastikan test strip yang Anda gunakan sesuai dengan alat tes gula darah yang Anda pakai.
  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa test strip. Test strip yang sudah kedaluwarsa sebaiknya dibuang.
  • Untuk hasil yang akurat, sebaiknya ambil darah dari ujung jari Anda daripada di bagian tubuh lain.
  • Pastikan sampel darah Anda yang menempel pada test strip berada pada jumlah yang tepat, jangan terlalu sedikit. Jumlah sampel darah yang sedikit dapat membuat hasil tes gula darah tidak akurat. Juga, jangan menambahkan lebih banyak sampel darah ke test strip setelah tetesan sampel darah pertama sudah menempel di test strip. Sebaiknya, kumpulkan sampel darah dalam jumlah cukup terlebih dahulu di ujung jari Anda baru memasukkannya ke dalam test strip.
  • Masukkan test strip dengan benar ke dalam alat monitor. Hal ini juga turut menentukan keakuratan hasil tes.
  • Lakukan kalibrasi alat tes gula darah Anda secara rutin. Pastikan alat tes gula darah dan test strip bekerja dengan benar. Juga, jaga selalu kebersihan alat.
  • Setelah selesai digunakan, simpan alat tes gula darah dalam tempat kering dan sejuk. Suhu yang ekstrem dapat merusak alat dan membuat alat menjadi tidak akurat. Baca petunjuk penyimpanan alat.


----------------------------------------------------------------------------
Konsultasikan Masalah Diabetet Anda di:

Whats App: +6282274212967 atau klik disini>>> goo.gl/nR2XbQ

BBM : D32B723D atau klik disini http://blck.by/2xpjp70

Semoga Bermanfaat bagi kita semua :)


 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Hal yang Dapat Memengaruhi Hasil Tes Gula Darah"

Posting Komentar